Jumat, 17 Desember 2010

Analisa Artikel Usaha Kecil dan Menengah (UKM)


PENGEMBANGAN UKM SEBAGAI SALAH SATU UNIT USAHA
DI SEKTOR SWASTA

Latar Belakang
Di eraglobalisasi saat ini banyak orang yang lomba-lomba membuat suatu usaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, salah satunya dengan cara mendirikan usaha kecil sampai usaha yang besar. Biasanya mendirikan usaha yang besar diperlukan dengan banyak modal dan penuh pertimbangan akan berbagai macam resiko yang mungkin dapat terjadi jika tidak dapat menjalankannya. Berbeda apabila mendirikan suatu usaha yang dimulai dari usaha kecil dan menengah atau disebut UKM, usaha ini biasanya membutuhkan sedikit modal dan sebelumnya dilakukan suatu penelitian juga diperhitungakan dengan matang agar tidak menmbulkan kerugian.
Sehingga dari usaha kecil dan menengah atau UKM yang berkembang pesat dapat dijadikan suatu usaha besar yang menjanjikan untuk masa depan. Oleh karena itu untuk membuat usaha kecil dan menengah atau UKM sangat dibutuhkan sekali kreativitas dan inovasi-inovasi baru agar UKM menjadi suatu usaha yang besar atau perusahaan.   

Artikel

PENGEMBANGAN UKM SEBAGAI SALAH SATU UNIT USAHA
DI SEKTOR SWASTA
(Oleh: Sthefanny Avonina)
Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, oleh karena selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan. Dalam krisis ekonomi yang terjadi di negara kita sejak beberapa waktu yang lalu, dimana banyak usaha berskala besar yang mengalami stagnasi bahkan berhenti aktifitasnya, sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terbukti lebih tangguh dalam menghadapi krisis tersebut. Mengingat pengalaman yang telah dihadapi oleh Indonesia selama krisis, kiranya tidak berlebihan apabila pengembangan sektor swasta difokuskan pada UKM, terlebih lagi unit usaha ini seringkali terabaikan hanya karena hasil produksinya dalam skala kecil dan belum mampu bersaing dengan unit usaha lainnya.
Pengembangan UKM perlu mendapatkan perhatian yang besar baik dari pemerintah maupun masyarakat agar dapat berkembang lebih kompetitif bersama pelaku ekonomi lainnya. Kebijakan pemerintah ke depan perlu diupayakan lebih kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya UKM. Pemerintah perlu meningkatkan perannya dalam memberdayakan UKM disamping mengembangkan kemitraan usaha yang saling menguntungkan antara pengusaha besar dengan pengusaha kecil, dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusianya.

Analisa
            Dari Artikel di atas maka dapat dibuat suatu analisa bahwa UKM di Indonesia sangat berperan penting untuk kesejahteraan bangsa Indonesia, dimana dapat terlihat dari krisis ekonomi yang telah terjadi di negara Indonesia pada waktu lalu UKM dapat menghadapi krisis dengan tangguh. Maka UKM di Indonesia harus didukung oleh pemerintah karena dengan mendirikan UKM akan terjadi penyerapan tenaga kerja sehingga dapat mengurangi angka pengangguran yang ada di Indonesia. Selain itu produk-produk yang dihasilkan UKM tidak kalah kualitasnya dengan produk hasil perusahaan besar, karena produk dari UKM tersebut sudah mulai di ekspor ke negara lain yang meminatinya. Sehingga dengan begitu UKM dapat menambah devisit untuk negara Indonesia.
            Dalam UKM juga diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas karena untuk kelangsungan UKM agar dapat berjalan dengan baik dan menjalin mitra usaha yang sliang mengguntungkan, karena banyak perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan produk-produk dari UKM untuk dipasarkan sehingga dapat memperoleh keuntungan untuk pengusaha besar dan pengusaha kecil tersebut. Produk dari UKM berbagai macam yaitu, membuat makanan ringan, membuat batik, membuat sulaman, membuat boneka, ada juga yang menggunakan bahan baku sampah atau limbah untuk didaur ulang kemudian menjadikan produk kerajinan tangan, dan lain sebagainya. Biasanya produk-produk yang dibuat oleh UKM dengan kretivitas yang tinggi dan inovasi-inovasi, karena pasti memiliki keunggulan tersendiri dari produk tersebut.

2 komentar:

  1. bagus.. ^_^

    mampir juga yah ke blog saya..
    http://isengajabuatini.wordpress.com

    BalasHapus
  2. jika Anda melihat skenario saat ini sehubungan dengan hibah untuk ekspansi usaha kecil, pemerintah federal sebenarnya tidak menawarkan hibah langsung. Namun ada beberapa program oleh pemerintah, yang melaluinya hibah untuk kegiatan penelitian dan pengembangan yang dapat dilakukan oleh usaha kecil disediakan oleh sba. kemudian ada hibah tidak langsung dalam bentuk jaminan pinjaman usaha kecil serta pinjaman bersubsidi, di mana Anda mendapatkan pinjaman dengan tingkat bunga yang dikurangi dari bank karena pemerintah membayar sebagian dari pinjaman Anda. atau jika Anda gagal membayar pinjaman Anda, pemerintah membayar bank atas nama Anda. seperti yang Anda lihat, ada banyak peluang untuk pendanaan usaha kecil dan hibah melalui mr pedro dan perusahaan pendanaannya. mereka menawarkan pinjaman pada tingkat 2 yang sangat terjangkau. sebagai pemilik bisnis pemula, Anda hanya perlu berusaha menemukan yang paling sesuai dengan tujuan bisnis Anda. hubungi mr pedro di pedroloanss@gmail.com / whatsapp teks: +1 863 231 0632 untuk pinjaman. semua yang terbaik!

    BalasHapus