Jumat, 17 Desember 2010

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di daerah Citayem


TAPE ULI BETAWI

Makanan khas betawi selain dodol, geplak, wajik, kue apem, kue cucur,  dan masih banyak lagi. Ternyata juga ada Tape Uli betawi, makanan ini sering dijumpai dipasar-pasar tradisional di daerah jakarta. Tape uli ini merupakan makanan yang unik karena tapenya terbuat dari ketan hitam yang sudah di fermentasikan, maka juga ada yang menyebutnya uli cocol tape.
Di daerah Citayem Kampung Kelapa Rt 06 Rw 07 Depok, ada seorang pembuat tape uli yang bernama ibu Nyai. Ibu Nyai ini asli orang Jakarta dan dulu dia tinggal di Jakarta, kemudian pidah ke Citayem. Selain pandai membuat tape uli beliau juga pandai membuat aneka kue-kue basah dan kue-kue kering, kue-kue buatan ibu Nyai rasanya enak. Sehingga ibu Nyai membuka usaha kecilnya atau dapat dikatakan usaha rumah tangga yang berdasarkan pesanan, karena di kampung kelapa dan kampung sekitarnya kue buatan ibu Nyai sudah banyak dikenal dan diminati warga. Apalagi tape uli buatan ibu Nyai biasanya hampir setiap ada pernikahan warga sekitar memesan tape uli dari ibu Nyai.
Proses pembuatan tape uli ini cukup sulit, karena untuk hasil yang maksimal memakan waktu 2 hari. Berikut ini proses pembuatan tape uli betawi dari ibu Nyai.
Membuat Tape:
- Bahan baku :       1.   Ketan hitam 1 liter
                                 2.   Ragi Fermentasi
- Cara membuat Tape:
            Ketan hitam dicuci terlebih dahulu, kemudian dikukus dengan menggunakan langseng atau paci untuk mengukus. Ketan hitam yang sudah matang diangkat dan letakan di baskom lalu didinginkan dengan mengipas-ngipasnya, setelah ketan hitam itu ketan hitam dimasukan ketempat yang tertutup rapat dan di taburkan ragi secukupnya lalu ditutup rapat untuk proses fermentasi yang maksimal, juga tidak boleh dibuka sehingga didiamkan selama 1 hari semalam. Bila sudah 1 hari semalam ketan hitam dibuka dari tempat fermentasinya dan rasanya manis, sehingga disebut tape.
Membuat Uli:
 - Bahan baku :      1.   Ketan putih 1 liter
                                 2.   Kelapa yang sudah diparut
                                 3.   Garam secukupnya
- Cara membuat Uli:
            Ketan putih dicuci terlebih dahulu, lalu dikukus bersama kelapa parut dan masukkan garam secukupnya. Mengukusnya dengan menggunakan langseng atau paci untuk mengukus. Setelah matang diangkat dan letakan di tempat yang cukup luas kemudian ketan putih dan kelapa yang sudah tercapur dan masih panas ditumbuk, hingga halus. Bila sudah halus dan memjadi uli lalu didinginkan, uli dicetak atau dibungkus dengan daun pisang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar